Tips Masak Rendang Campur Kentang


Tips cara masak rendang dengan campuran kentang yang empuk dan nggak hancur. Serta bumbu rendangnya tetap banyak. 

----------

Ada beberapa bahan masakan, yang bisa dicampurkan ke dalam rendang. Yang paling umum memang kentang. Biasanya ibu-ibu rumahan saja yang suka memasak rendang dengan campuran kentang. Sedangkan di kedai nasi Padang, rasanya masih jarang.

Kenapa kok rendangnya dicampur kentang? Alasan utamanya supaya masakannya jadi banyak. Yang tadinya cuma ada satu macam lauk aja, dicampur kentang jadi ada dua lauk. Walaupun kentang sebetulnya bukanlah lauk, tapi bolehlah ya dianggap lauk.

Kentang yang digunakan juga bukan kentang yang biasa, tapi kentang bulat berukuran kecil-kecil. Biasa disebutnya baby potato.

 

Berikut Tips Memasak Rendang Hitam Padang Campur Kentang ala Nita Lanaf.

1. Gunakan 4 Butir Kelapa

Untuk menghasilkan bumbu rendang yang banyak, dalam 1 kilo daging sapi itu menggunakan 3 butir kelapa.

2. Kentangnya Bisa Direbus atau Dimasak Bersamaan

Ada 2 cara biar kentangnya empuk. Bisa dengan direbus terpisah, jangan lupa air rebusannya dikasih secukupnya garam ya, biar kentangnya nggak hambar. Kemudian kalau rendangnya udah mau matang, tinggal dicemplungin deh.

3. Takaran Kentang

Jangan gunakan kentang terlalu banyak juga, nanti bumbu rendangnya jadi sedikit. Biasanya untuk 1 kilo daging, saya menggunakan ¼ kilo kentang. Ini cukup banyak kok.

4. Kentang Nggak Perlu Dikupas

Baby potato ini nggak perlu dikupas satu-satu. Bisa abis ntar, udah kecil dikupas pula, hahah... Oh ya, bahkan kentang besar pun untuk gulai Minang, kulitnya nggak dikupas.

Selengkapnya dapat dibaca di blog Nita Lanaf Resep Rendang Padang Campur Kentang



Tempat berkumpul para food blogger Indonesia.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion