Bincang Singkat Bermanfaat dengan Blogger Kondang Deddy Huang


Blogger Deddy Huang dikenal sebagai lifestyle blogger sekaligus food photographer profesional. 

Deddy Huang menyukai kegiatan food fotografi bermula dari travelling yang dekat dengan kuliner, akhirnya menimbulkan chemistry untuk lebih mengenal. 

Didukung awal pandemi membuatnya harus memutar cara untuk bertahan hidup dengan menjual jasa fotografi makanan hingga menjadi seorang yang layak sebagai commercial food photographer.

Aktitivas kuliner dan foto Deddy Huang sebagian sudah pernah diceritakan di blog karena sebagai bahan edukasi bagi masyarakat mengenai profesi food photographer.

Deddy pun telah menggelar workshop food fotografi (secara online selama pandemi) yang audience-nya kebanyakan dari orang-orang yang memiliki minat terhadap fotografi makanan.

Berawal dari minat menjadi profesi. Saat ini fotografi makanan sudah menjadi profesi sehingga dibayar untuk membuat visual makanan agar tampak lebih menggiurkan.

Foodger's penasaran nggak kendala apa yang pernah dialami Deddy Huang saat menjalankan kegiatan food fotografi? Bagaimana cara Deddy melengkapi alat fotografinya, dan dari mana saja inspirasi dalam membuat sebuah foto menjadi sangat menarik?

Berikut wawancara singkat FBID dengan Deddy Huang. Singkat karena keterbatasan waktu 😁

 

Kak Deddy dikenal sebagai lifestyle blogger yang multitalented. Sejak kapan menyukai kegiatan food fotografi? Boleh ceritain ga awal mulanya sampai jadi professional seperti sekarang?

>> Bermula dari travelling yang dekat dengan kuliner, akhirnya menimbulkan chemistry untuk lebih mengenal. Didukung awal pandemi membuat harus memutar cara untuk bertahan hidup dengan menjual jasa fotografi makanan hingga menjadi seorang yang layak sebagai commercial food photographer.

✅Kak Deddy kan blogger kondang nih, apakah kegiatan foto-foto makannya juga diceritakan di blog? Jika ya, kenapa diceritakan di blog, tujuan besarnya apa?

Sebagian sudah pernah diceritakan karena sebagai bahan edukasi bagi masyarakat mengenai profesi food photographer.

✅Pernah bikin workshop food fotografi? Boleh sebutkan di mana aja dan audience nya siapa aja?

Pernah. Kemarin lebih banyak sifatnya online karena belum dapat tatap temu. Audiencenya kebanyakan dari orang-orang yang memiliki minat terhadap fotografi makanan.

✅Food fotografi ini sebagai hobi saja atau sudah jadi profesi?

Berawal dari minat menjadi profesi. Saat ini sudah menjadi profesi sehingga saya dibayar untuk membuat visual makanan agar tampak lebih menggiurkan.

✅Kendala apa yang pernah dialami saat menjalankan kegiatan food fotografi?

Konsumen yang belum teredukasi dengan baik mengenai genre fotografi makanan terutama mengenai bayaran. Sering kali konsumen menganggap foto makanan itu mudah, padahal banyak elemen yang harus diperhatikan agar dapat menghidupkan objek mati menjadi lebih terlihat menggiurkan.

✅Kelengkapan alatnya beli serentak, atau dicicil kak? 

Dicicil donk, karena pernah ditipu sama konsumen yaitu teman sendiri. Katanya mau foto, setelah dibeli peralatan ternyata orangnya PHP/kabur.

✅Biasanya dapat inspirasi dan referensi foto dari apa dan mana saja kak?

Bisa dari buku menu restoran dari brand ternama, atau seperti Pinterest.

✅Boleh kasih tips gak kak supaya sukses jadi food fotografi?

Selalu tingkatkan value diri agar hasil foto kalian memiliki ciri khasnya sendiri.

✅Apa pesan kak Deddy untuk para food blogger?

Selera dan lidah setiap orang itu berbeda-beda. Ulaslah secara baik, jangan hanya karena dibayar makan dibuat hiperbola.

✅Apa motivasi kak Deddy bergabung dengan Komunitas Food Blogger Indonesia (FBI Community)

Bisa menambah jejaring dan kalau bisa memberikan dampak positif bagi sesama member.


Itu tadi bincang-bincang admin FBID dengan Kak Deddy Huang. Semoga sharing ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tempat berkumpul para food blogger Indonesia.

Share this

Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Food photography tuh memang menantang sekaligus menyenangkan. Banyak trik yang harus kita pahami selain tentu saja skill yang bersesuaian dengan kebutuhan pemotretan.

    BalasHapus