Dodon Jerry Bagikan Tips Menjadi Food Blogger Sejati

Tahukah kamu, Dodon Jerry sudah menjadi food blogger sejak tahun 2007, jauh sebelum profesi food blogger menjamur di Indonesia, bahkan sebelum komunitas-komunitas food blogger berdiri!

Konten dan konsisten adalah dua hal yang membuat seorang Dodon tetap dikenal sebagai food blogger, hingga saat ini, dan semoga nanti.

Saking konsistennya jadi @tukangjalanjajan, sampai profesi sebenarnya sama sekali gak kelihatan! 😁

Apakah setiap orang yang membahas makanan bisa menjadi food blogger seperti Dodon? Belum tentu.

Karena membahas soal makanan, banyak yang menyamakan food blogger dengan foodies. Padahal dua profesi ini beda banget. Food blogger jelas harus punya blog atau alamat website sendiri. Di sisi lain, foodies gak harus punya blog dan lebih sering memamerkan makanan yang mereka potret dan review di media sosial.

"Background saya sebelum menjadi blogger adalah jurnalis program kuliner di salah satu TV swasta. Lama berada di divisi RnD membuat saya bertemu dengan banyak ahli kuliner, mulai dari jurnalis kuliner terkenal, chef papan atas sampai legenda peracik kuliner beberapa daerah di Nusantara yang sudah sangat terkenal makanannya. Karena saya mempunyai masalah dengan daya ingat dan disleksia membuat saya rajin mencatat apapun yang saya dengar, lihat dan baca sehingga banyak artikel yang sayang rasanya jika tidak dipublish. 2007 saya mulai menulis di blog untuk tulisan yang tidak serius sementara yang serius saya kirim ke majalah, koran atau tabloid dalam dan luar negeri," ujar Dodon, di sesi wawancara dengan Founder Komunitas Food Blogger Indonesia.

Penasaran gak untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia food blogger ala Dodon Jerry?

Berikut obrolan Komunitas Food Blogger Indonesia dengan Dodon: 

Boleh cerita gak awal mula jadi food blogger sampai professional seperti sekarang?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Kalau dibilang professional tidak juga, tapi kemungkinan saya memang rajin menulis tentang kuliner dan rajin mengulak ngulik tentang gastronomi. Awalnya saya ingin berbagi apa yang saya tahu, sekaligus menulis supaya tidak lupa dan saya bisa baca lagi dengan mudah karena tidak sulit dicari tulisannya di blog. Beda kalau menulis di buku, ribet dan butuh waktu karena buku catatan saya sudah ratusan buah. Melihat apresiasi orang yang membaca tulisan membuat saya bersemangat menulis lagi dan lagi.

Kak Dodon kan blogger kondang nih, apakah kegiatan kuliner juga diceritakan di blog? Jika ya, kenapa diceritakan di blog, tujuan besarnya apa?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Selain menulis tentang kuliner saya juga menulis catatan perjalanan dan traveling. Baru mulai sih, 2016 an karena saya berpikir jalan dan jajan merupakan kesatuan dan sayang rasanya jika tidak diulik. Tujuannya untuk membantu orang yang butuh informasi perjalanan yang sama supaya tidak mengalami kesulitan dari segi budgeting maupun itinerary.

Pernah jadi narasumber sebagai food blogger? Boleh sebutkan di mana aja dan audience-nya siapa aja?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉWah, saya lupa nih di mana saja. Bukan karena saking banyaknya tapi karena saya tidak mencatat rekapnya secara jelas. Kebanyakan biasanya diminta untuk membantu menambah pengetahuan kuliner dalam pemilihan duta pariwisata dsb, GenPI, dan kampus kampus (sekolah pariwisata dan perhotelan). Audiencenya bisa mahasiswa, professional sampai orang umum yang sekedar ingin tahu tentang kuliner.

Jadi food blogger ini sebagai hobi saja atau sudah jadi profesi?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉSusah juga saya mengatakan kalau ini menjadi profesi karena saya tidak menjalankan fulltime. Sekarang lebih ke arah hobi yang memang jadi passion sampai mati.

Kendala apa yang pernah dialami saat menjalankan kegiatan food blogging?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Makanan yang tidak disukai namun tetap harus menulis tanpa membawa perasaan. Menulis makanan yang tidak enak namun harus tetap menjaga bisnis orang lain. Menulis makanan yang biasa saja tapi booming (anomali).

Punya pengalaman paling berkesan gak kak sebagai food blogger?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang hebat dibidang kuliner dan bisa ke mana-mana karena jadi foodblooger.

Apa saja tips sukses jadi food blogger ala kak Dodon?

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Foodblogger ini pekerjaan yang sulit, menuliskan rasa dan menggabungkan dengan pengalaman bukan hal mudah. Ada banyak hal yang sulit diungkapkan dengan kata-kata sementara pemahaman dengan pembaca harus sama. Harus punya passion dan lebih baik lagi kalau menjadi hobi supaya bisa menulis dengan hati dan bukan sekedar musiman. 

Pesan Kak Dodon untuk para food blogger

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Hargailah perjalanan sebuah makanan sampai terhidang diatas meja, ada cerita Panjang dibalik itu semua dan seru untuk diulik. Terus belajar dan mencari jati diri, jangan jadi copycat tapi jadilah trend setter. Be your self.

Terakhir nih kak, motivasi kak Dodon bergabung dengan Komunitas Food Blogger Indonesia (FBI Community)

πŸ‘¨πŸ›πŸΉ Memperluas jaringan dan pertemanan didunia kuliner, sekalian belajar tentang ilmu lain dibidang kuliner yang mungkin dimiliki oleh anggota lain


Nah, itu tadi bincang-bincang Komunitas Food Blogger Indonesia dengan Kak Dodon Jerry. Sangat menginspirasi bukan? Ada yang mau belajar pada kak Dodon supaya sukses jadi Food Blogger?

Yuk difollow instagram Kak Dodon @dodon_jerry @tukangjalanjajan

Terima kasih Kak Dodon.
Sukses selalu.

Tempat berkumpul para food blogger Indonesia.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion