Halalbihalal Food Blogger Indonesia, Silaturahminya Para Food Enthusiast








Idul Fitri tiba, saatnya halalbihalal,

Silaturahmi adalah hal yang biasa di Indonesia, tetapi selalu terasa luar biasa saat Syawal tiba. Setiap orang meluangkan waktu untuk bertemu dan berkumpul bermaaf-maafan. Bahkan ajang yang kemudian lebih lazim disebut halalbihalal ini menjadi momen untuk lebih mengenal dan menjalin kedekatan satu sama lain.

Kata halalbihalal terdengar seperti bahasa Arab ya. Padahal halalbihalal sebenarnya bukan berasal dari Arab, melainkan tradisi yang dibuat di Indonesia.

Ada dua versi asal muasal kata halalbihalal, salah satu versi mengatakan bahwa sekitar tahun 1935-1936 di Taman Sriwedari Solo terdapat lapak martabak asal India yang mempromosikan dagangannya dengan kata-kata ‘martabak Malabar, halal bin halal, halal bin halal’. Sejak saat itu, istilah halalbehalal mulai populer di kalangan masyarakat Solo.

Rabu, 1 Mei 2024 kemarin, Food Blogger Indonesia melangsungkan halalbihalal yang pertama sejak komunitas ini didirikan. Pengurus dan member Food Blogger Indonesia berkumpul di Good Folks, Cikini untuk halalbihalal yang tentunya disertai makan siang dan ngemil.


Sharing session saat halalbihalal Food Blogger Indonesia

Selain itu juga ada sesi perkenalan diri, setelah mengenal lama melalui media blog dan sosial media, kali ini mengenal dengan bertemu langsung. Perkenalan ini sekaligus sharing mengenai apa saja yang biasa dilakukan selain posting urusan makanan dan sharing sudah berapa lama menulis blog, dan ‘sesepuhnya’ adalah Rina Susanti yang menulis sejak 2008!

Tidak semua member baru saling kenal, halalbihalal ini juga jadi ajang nostalgia, kapan pertama kali bertemu. Ada yang bertemu pada pekerjaan blog tertentu, ada juga yang berkenalan pertama kali saat ikut workshop menulis yang diinisiasi oleh Mas Teguh Sudarisman tahun 2014 lalu.


Keseruan sesi doorprize saat halalbihalal Food Blogger Indonesia

Tak ketinggalan, di acara halalbihalal Food Blogger Indonesia ini juga ada acara doorprize yang hadiahnya beragam, mulai dari perlengkapan memasak cantik yang tentunya bisa jadi mood booster saat memasak dan estetik untuk direkam kamera, hingga perhiasan yang dibuat oleh Bu Annie Nugraha yang sudah malang melintang di dunia wire jewelry hingga ke mancanegara.


Beberapa menu Good Folks, Cikini

Acara silaturahmi ini pun diakhiri jelang maghrib, dengan hati lapang dan perut kenyang. Tak salah memilih Good Food Cikini sebagai lokasi pertemuan, posisinya strategis dan mudah di akses dari stasiun kereta membuatnya mudah untuk dijangkau. Pilihan menu yang cukup banyak juga memudahkan kami memilih sesuai selera masing-masing.

Video reels keseruan halalbihalal Food Blogger Indonesia bisa klik di sini ya.

Setelah halalbihalal, akan ada kegiatan apalagi ya di Food Blogger Indonesia? Stay tune terus via blog, Instagram dan TikTok kami ya!












Tempat berkumpul para food blogger Indonesia.

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion